Analisis: Saat Karakter Wanita Makin Kuat Dalam Drakor

Sepanjang tahun 2020 lalu ternyata semakin banyak drama Korea yang mempunyai karakter utama seorang perempuan yang sangat kuat. Hal ini tentu saja menjadi sebuah perubahan tren yang nyata dari Citra candy girl yang mana menguasai industri dari drama Korea selama dua Dekade.

Munculnya Karakter Perempuan yang Kuat dalam Drakor 

Beberapa karakter wanita yang hadir dengan karakter kuat itu diawali dengan Yoon Se-ri (Crash Landing On You),  kemudian Ji Sun-woo (The World of The Married), dan para detektif dalam Good Casting. Ada juga karakter ibu-ibu dalam Birthcare Center dan  tak ketinggalan Karakter Won In-jae (Start Up), serta masih ada banyak lainnya. 

Kemunculan tokoh-tokoh karakter perempuan tersebut nampak seperti tanda bahwasanya karakter candy girl tak lagi menjadi favorit para penulis drama Korea dalam beberapa tahun terakhir ini. Industri merupakan salah satu penopang kemunculan gelombang budaya Korea yang sekarang ini gencar untuk mempromosikan karakter perempuan yang jauh lebih kuat.

Istilah candy girl sendiri dipakai untuk menggambarkan sosok perempuan yang naif, sangat optimis namun kurang mampu dan selalu bekerja keras untuk bertahan hidup yang mana setelahnya bertemu dengan laki-laki yang kaya dengan situasi di sekitarnya yang membuat keduanya saling jatuh cinta. Seperti misalnya saja dalam drama Boys Over Flowers  yang mana tayang pada tahun 2009 silam jadi contoh nyata dari teori tersebut. Drama tersebut langsung menjadi hits dan menular ke berbagai macam negara yang lainnya di luar Korea. 

Sekarang  kisah dengan karakter ala ala Cinderella tersebut sudah mulai ditinggalkan. Salah satunya oleh Weightlifting Fairy Kim Bok-joo (2016)Dia mempunyai pesan bahwa perempuan semestinya harus menemukan seseorang yang bisa menghormatinya apa adanya ketimbang harus menyesuaikan dirinya hanya demi cinta. Ada juga The Beauty Inside yang mana menampilkan Han Se-gye dan juga Kang Sa-ra yang sangat populer dan juga sukses secara karir. Jang Man-wol, dalam serial Hotel Del Luna, dan juga 3 perempuan karir dengan status  terpandang pada perusahaannya  dalam serial Search: WWW. 

Drama-drama tersebut sekarang sambutan yang sangat hangat dari para penontonnya. Salah satu penyebabnya adalah karena ceritanya yang berbeda. Pada umumnya karakter pekerja keras, pengusaha sukses dan juga berorientasi karir dalam drama Korea selalu ditempatkan pada tokoh laki-laki. Akan tetapi sekarang sudah terjadi perubahan tren drama Korea yang menempatkan perempuan menjadi sosok pekerja keras, optimis, dan sukses. 

Perubahan Trend Tokoh Perempuan dalam Drakor Perlu Waktu Lama 

Akan tetapi perubahan ini tidak terjadi dalam semalam. Perubahan ini juga dipengaruhi berbagai macam faktor totobet hk dan salah satunya adalah paham feminisme yang sudah merawat tubuh dan menggoyang eksistensi budaya patriarki di dalam masyarakat Korea.  Profesor East Asian Studies and Anthropology Yonsei University, Bonnie Tilland,Orang yang menilai bahwa perubahan penggambaran dari tokoh utama perempuan di dalam drama Korea ini ada kaitanya dengan keinginan dan juga sambutan hangat dari para penonton.

Lalu makin banyak masyarakat umum dan juga tersohor yang akhirnya berani untuk membuka suara tak saminisme dan pemberdayaan perempuan baik secara langsung maupun di media sosial. “ dengan peningkatan gerakan #metoo  di Korea Selatan beberapa tahun terakhir, beberapa drama menampilkan pemeran utama perempuan yang secara eksplisit berperang melawan sistem patriarki,” ungkapnya seperti dilansir dari CNN Indonesia.  Perjuangan kaum perempuan di Korea Selatan dan juga pengaruhnya pada drama sekarang berimbas baik.