Makanan Sehat Yang Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan

Rasanya tidak ada orang yang tidak suka menyantap makanan lezat. Tak sedikit yang mengira bila dua makanan lezat digabungkan atau dikonsumsi bersama hasilnya akan semakin sedap. Tapi faktanya hal ini tidak selalu benar dan selain itu bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan

Beberapa jenis makanan memang lebih baik dimakan terpisah, karena jika dikombinasikan bisa menimbulkan efek samping. Kesimpulannya, Anda boleh mengombinasikan makanan dan minuman, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

 

Prinsip mengonsumsi makanan yang berbeda-beda dalam satu waktu

Berikut ini adalah beberapa prinsip yang perlu dipahami bila ingin mengombinasikan jenis makanan dan minuman yang berbeda.

 

  1. Buah hanya boleh dikonsumsi saat perut kosong, terutama buah melon.
  2. Karbohidrat atau pati tak boleh dikonsumsi bersamaan dengan protein.
  3. Bahan makanan pati tak boleh mengandung asam.
  4. Beberapa jenis protein tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan.
  5. Susu serta makanan yang merupakan produk susu sebaiknya dikonsumsi saat perut kosong.

 

Beberapa kombinasi makanan berikut seringkali kita temukan dalam keseharian namun sebenarnya kurang sehat.

 

Sandwich dan kopi

Jenis sarapan ini khas dikonsumsi di kawasan perkotaan yang aktivitas penduduknya togel hongkong 2020 sangat padat. Alasannya roti yang merupakan karbohidrat sederhana akan menghalangi kalsium yang terkandung dalam keju untuk dicerna dengan optimal. Padahal kalsium dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kardiovaskular. Konsumsi kopi di pagi hari sesungguhnya tidak ada gunanya, apalagi kopi instan. Di pagi hari sebaiknya konsumsi jus buah atau air putih saja.

 

Kentang dan daging

Kombinasi ini walaupun lezat tapi tidak sehat. Pati yang terkandung dalam kentang membutuhkan cairan pencernaan alkalotis. Tapi di sisi lain protein pada daging memerlukan cairan asam pencernaan

 

Jika digabungkan, kedua makanan akan bergabung di dalam lambung dan memicu rasa tidak nyaman, penumpukan gas, mulas, serta banyak bersendawa. Bagi Anda penggemar makanan spaghetti bolognese sebaiknya mengonsumsi hidangan tersebut tak terlalu sering.

 

Berikutnya kelenjar liur pada mulut memproduksi amylase yang dapat mengubah pati dalam pasta menjadi gula. Gula sederhana yang bercampur dengan protein yang terkandung dalam daging akan membentuk campuran kimia pemicu diabetes dan penyakit kardiovaskular. Ini tentu saja akan membahayakan kesehatan Anda.

 

Nasi dan ayam

Kombinasi nasi dengan berbagai protein sangat akrab dalam keseharian masyarakat Indonesia. Padahal menurut penjelasan di atas hal ini tak direkomendasikan. Bila ingin mengonsumsi protein sebaiknya tanpa nasi, dan bila ingin mengonsumsi nasi sebaiknya pilih lauk-pauk non-protein hewani.

 

Susu dan buah nanas

Mencampur susu dan buah nanas kemudian memblendernya dengan es batu untuk dibuat milkshake tentu sangat menyegarkan. Sayangnya ini bisa membahayakan kesehatan Anda. pertama, makanan asam memperlambat kerja pencernaan, apalagi di pagi hari. Buah ini juga mempunyai kandungan bromelain yang bisa memicu keracunan saat dicampur dengan susu atau produk susu. Bromelain juga membuat susu bertekstur lebih kental. Bila ingin membuat milkshake buah Anda bisa mencampurkan apricot kering atau kismis dengan susu kocok.

 

Tomat dan mentimun

Kombinasi ini paling sering ditemukan di berbagai hidangan dari banyak negara. Tapi menurut penelitian mengonsumsi keduanya secara bersamaan dapat mengacaukan proses biokimia tubuh yang memicu pengapuran. Untuk mendapatkan manfaat sehatnya sebaiknya konsumsilah di waktu yang berbeda.

 

Teh dan madu

Walaupun dapat menggantikan gula untuk membuat minuman Anda semakin sedap, tapi sebaiknya tidak dicampur dengan minuman panas. Madu yang dipanaskan dapat memicu Hydroxymethylfurfural (HMF), yang merugikan kesehatan. Jadi sebaiknya madu dikonsumsi dengan minuman dingin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *